Deprecated: Required parameter $post_data follows optional parameter $sharing_type in /home/mankotabaru.sch.id/public_html/wp-content/plugins/tweet-old-post/includes/admin/services/class-rop-twitter-service.php on line 891

Deprecated: Required parameter $rop_auth_token follows optional parameter $sharing_type in /home/mankotabaru.sch.id/public_html/wp-content/plugins/tweet-old-post/includes/admin/services/class-rop-twitter-service.php on line 891
KLUB LITERASI MAN KOTABARU GELAR PELATIHAN PUBLIC SPEAKING – MAN Kotabaru

KLUB LITERASI MAN KOTABARU GELAR PELATIHAN PUBLIC SPEAKING

Published by Shella Sephiana, S.Pd on

Kotabaru (MAN Kotabaru) –  Klub Literasi MAN Kotabaru melaksanakan pelatihan public speaking yang disampaikan oleh dosen UIN Banjarmasin di perpustakaan Ar-Ridha MAN Kotabaru. Sabtu (16-9-2023).

Adapun kegiatan tersebut merupakan salah satu agenda kegiatan rutin per dua minggu yang dilaksanakan oleh Klub Literasi MAN Kotabaru. Untuk kali ini kegiatan bertajuk “Berani Bicara di Depan Umum” dengan menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya yaitu Dr. (Cand) Firqah Annajiyah Mansyurah, M.H., dosen UIN Antasari Banjarmasin.

Kegiatan dihadiri oleh siswa yang tergabung dalam klub literasi. Para siswa mengikuti jalannya rangkaian kegiatan dengan sangat antusias, terbukti dari mereka yang tidak ragu untuk mengajukan pertanyaan terkait topik yang dibahas. Secara umum, kendala yang mereka alami ketika berbicara di depan umum yaitu takut, tidak bisa merangkai kata, tidak percaya diri di keramaian, gugup, dan lain sebagainya.

Beberapa siswa juga diminta untuk langsung memcoba mempraktekkan ilmu yang telah di dapat. “Saya jadi tahu hal-hal apa saja yang menghambat dalam public speaking. Ke depannya, saya berharap ada perkembangan setelah mengikuti kegiatan ini,” ungkap Fikra, salah satu anggota klub Literasi MAN Kotabaru.

Hal ini ditanggapi baik oleh Kepala MAN Kotabaru, Muhammad Yamin, beliau mengungkapkan setuju diadakanya public speaking karena dapat meningkatkan soft skill siswa yang dapat berguna  dalam proses pembelajaran, pekerjaan, maupun dalam, kehidupan sehari-hari. “Dengan kemampuan berbicara di depan umum tetntunya dapat meningkatkan personal branding pada diri seseorang yang akan memengaruhi karir kedepannya,” terangnya.

Publik speaking sangat berguna bagi dunia Pendidikan, pekerjaan ataupun dalam kegiatan sehari-hari pada diri seseorang. Dengan begitu ada banyak cara yang harus dilakukan untuk melatih kemampuan berbicara di depan umum, mulai dari hal yang dasar seperti melakukan presentasi.

 

Penulis  : Rahmi

Foto       : Muna

Categories: Berita