Deprecated: Required parameter $post_data follows optional parameter $sharing_type in /home/mankotabaru.sch.id/public_html/wp-content/plugins/tweet-old-post/includes/admin/services/class-rop-twitter-service.php on line 891

Deprecated: Required parameter $rop_auth_token follows optional parameter $sharing_type in /home/mankotabaru.sch.id/public_html/wp-content/plugins/tweet-old-post/includes/admin/services/class-rop-twitter-service.php on line 891
Bekali Siswa Dalam Memilih Karir, MAN Kotabaru Adakan Asesmen Bakat Minat – MAN Kotabaru

Bekali Siswa Dalam Memilih Karir, MAN Kotabaru Adakan Asesmen Bakat Minat

Published by Shella Sephiana, S.Pd on

Kotabaru (MAN Kotabaru) – Madrasah Aliyah Negeri Kotabaru mengadakan Sosialisasi Asesmen Bakat Minat (ABM) Tahun 2023 kepada seluruh siswa kelas XII di Aula Serbaguna MAN Kotabaru pada Selasa (24/10/23).

Kegiatan sosialisasi ini sebagai tindak lanjut dari kegiatan Rakor Asesmen Bakat Minat SMA/SMK/MA di Jakarta pada 12 s/d 14 Oktober 2023 lalu. 

Sebanyak 250 siswa menghadiri sosialisasi yang dipimpin langsung oleh Kamad Muhammad Yamin, S.Ag, MM dengan didampingi Wakamad Bidang Kurikulum M.Juhdari, M.Pd.I dan M. Zaky Yamani, M.Pd sebagai kepala Operator. 

Kegiatan ABM ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai potensi peserta didiknya pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur dan kesesuaian dengan minatnya. Hasil dari ABM ini berupa Lembar Laporan Hasil yang isinya tentang potensi bakat dan minat peserta didik. 

“Hal ini dapat membantu Ananda menentukan jurusan yang dipilih ke jenjang perguruan tinggi. Terlebih untuk masuk perguruan tinggi jalur prestasi yang memerlukan nilai matapelajaran utama dan pendukung”, tutur Bapak Juhdari, M.Pd. I selaku Wakamad bidang kurikulum.

Bapak Muhammad Yamin, S.Ag,M.M selaku Kamad menegaskan bahwa keberhasilan satuan pendidikan tidak diukur dari besarnya jumlah output/lulusan, tetapi berapa besar jumlah lulusannya terserap di pendidikan lebih lanjut, terlebih pada pasar tenaga kerja. 

“Diharapkan dengan hasil ABM ini, peserta didik serta orang tua bisa menggunakannya sebagai referensi kemana peserta didik akan melanjutkan sekolah ataupun bidang pekerjaan apa yang dirasa cocok sesuai bakat dan minat peserta didik”, pungkas Yamin

Penulis : Pratiwi

Foto  : Rima

Categories: Berita