Deprecated: Required parameter $post_data follows optional parameter $sharing_type in /home/mankotabaru.sch.id/public_html/wp-content/plugins/tweet-old-post/includes/admin/services/class-rop-twitter-service.php on line 891

Deprecated: Required parameter $rop_auth_token follows optional parameter $sharing_type in /home/mankotabaru.sch.id/public_html/wp-content/plugins/tweet-old-post/includes/admin/services/class-rop-twitter-service.php on line 891
Anggota Klub Perpustakaan MAN Kotabaru Ikuti Pelatihan Pengolahan Bahan Pustaka – MAN Kotabaru

Anggota Klub Perpustakaan MAN Kotabaru Ikuti Pelatihan Pengolahan Bahan Pustaka

Published by Jurnalistik MAN Kotabaru on

Kotabaru (MAN Kotabaru)- Anggota Klub Perpustakaan Ar-Ridha MAN Kotabaru Ikuti pelatihan pengolahan bahan pustaka.

Pelatihan ini mengajarkan kepada anggota perpustakaan mengetahui cara memanfaatkan serta melestarikan bahan pustaka, seperti buku dan lain lain.

Pelatihan ini dilakukan mulai tanggal 15 hingga 24 Maret 2022, di Perpustakaan Daerah Kotabaru, Rabu (23/03).

Kegiatan ini mengajarkan pengolahan bahan perpustakaan merupakan salah satu kegiatan pokok di perpustakaan.

Setiap bahan perpustakaan, baik berupa buku maupun non buku, yang masuk ke perperpustakaan wajib diolah dengan menggunakan sistem baku secara profesional agar koleksi yang telah tersusun pada rak dapat ditemukan kembali secara cepat dan tepat melalui alat telusur berupa katalog.

Seperti yang tercantum dalam Pasal 1, ayat (2) UU No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, menyatakan koleksi perpustakaan adalah semua informasi dalam bentuk karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam dalam berbagai media yang mempunyai nilai pendidikan, yang dihimpun, diolah, dan dilayankan.

Kepala Perpustakaan Ar-Ridha MAN Kotabaru Noor Rahmi, M.Pd, mengatakan dengan adanya pelatihan pengolahan bahan pustaka seperti pelabelan, pembuatan katalog, maupun kelengkapan buku lainnya, diharapkan anggota club pustakawan dapat mengaplikasikannya dalam merapikan/mengelola koleksi buku-buku ataupun majalah/koran di perpustakaan Ar Ridha MAN Kotabaru.

Sementara itu, salah satu anggota klub perpustakaan Ar Ridha MAN Kotabaru, Paridah menambahkan kegiatan sangat bermanfaat.

“Anggota klub perpustakaan bisa mempraktikkan pengolahan bahan pustaka lebih baik lagi dan pengunjung perpustakaan Ar-Ridha MAN Kotabaru bisa mendapatkan fasilitas yang berkualitas dan bagus saat ke perpustakaan,” ujar Paridah.

Penulis: Paridah
Editor: Irfan