Sambut malam tahun baru Islam, MAN Kotabaru tampilkan kesenian Sinoman Hadrah

Published by Jurnalistik MAN Kotabaru on

Sebanyak 50 siswa-siswi MAN Kotabaru ikut serta memeriahkan kegiatan istighosah dan dzikir bersama pada malam Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H bertempat di Masjid Raya Husnul Khatimah pada Jum’at (29/07/2022).

Siswa-siswi perwakilan dari ekskul OSIM, PMR, PKKS , PRAMUKA dan PLKS MAN Kotabaru tersebut menampilkan kesenian Sinoman Hadrah dalam rangka menyambut kedatangan Bupati Kotabaru bapak H. Sayed Ja’far Alaydrus dan para Habaib dari Jakarta untuk mengisi kegiatan istighosah dan dzikir bersama.

Pembina OSIM MAN Kotabaru Dewi Muji Astuti, S.Th.I mengatakan bahwa Sinoman Hadrah merupakan kesenian yang memadukan seni suara (qasidah) dan seni tari.Dalam tampilannya, Sinoman hadrah ditampilkan dengan alat musik dan perlengkapan lainnya seperti rebana dan payung besar berhias.

“Syair-syair yang dinyanyikan berisi puji-pujian dan sanjungan kepada Rasulullah, dan juga syair-syair yang berisikan nasehat-nasehat dan petuah, dimana pesan pesan tersebut dilantunkan dengan penuh kegembiraan dan perasaan”, ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga berhadir Kepala MAN Kotabaru M. Yamin, S.Ag, MM. Beliau berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada tim kesenian MAN Kotabaru untuk turut serta mengisi acara.

“Ini sebagai bentuk kontribusi MAN Kotabaru dalam rangka memeriahkan 1 Muharram/ tahun baru Islam 1444 H yang bertempat di Masjid Raya Husnul khatimah Kotabaru”, pungkasnya.

Penulis: Dewi

Editor: MKH