Peserta didik MAN Kotabaru Kelas XI IPA 3 MAN Kotabaru menyulap barang bekas yang tidak terpakai lagi menjadi maket lingkungan madrasah, Rabu (27/11).

Berbagai jenis barang bekas seperti kardus bekas, kertas bekas, kapas, sekam kayu, botol air mineral dan sedotan bekas diubah menjadi miniatur lingkungan madrasah di bawah bimbingan guru mata pelajaran Geografi Irfan Abdurrahmat, S. Th. I.

Proses pembuatan benda–benda berbahan dasar barang bekas tersebut membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan hingga menjadi miniatur MAN Kotabaru.

Menurut Irfan, kegiatan ini dalam rangka penerapan materi pelajaran terkait letak geografis suatu wilayah dan mengenal pencitraan image wilayah.

“Imajinasi, kreatifitas harus ditumbuhkan dan dihargai sejak dini, sehingga siswa dapat mengaplikasikan materi pelajaran ke dalam kegiatan nyata,” ujarnya.

Sementara itu salah seorang peserta didik kelas XI IPA 3 Meila Megawati yang turut andil dalam proses pembuatan maket ini menjelaskan, proses pembentukan miniatur bangunan MAN Kotabaru merupakan hal yang tersulit.

“Pasalnya harus sesuai dengan bentuk aslinya. Apabila berbeda dari bentuk aslinya maka tidak dapat dikatakan itu sebuah miniatur,” ujarnya.

Penulis : Irfan Abdurrahmat
Foto : Fahmi

Categories: Berita