“Sudah sepatutnya umat Islam Mencintai Allah dan Rasul dengan sepenuh hati,” ungkap Ustaz Misnawi dalam rangkaian kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di aula serba guna MAN Kotabaru, Rabu (13/11).

Islam itu, lanjut Ustaz, merupakan agama yang penuh cinta.

“Mukmin itu adalah saudara mukmin yang lain. Bahkan Rasulullah menjelaskan apabila iya tidak mencintai saudara yang lain maka belum sempurna imannya,” jelasnya.

Misnawi melanjutkan, apabila umat Islam mengerti betapa banyaknya nikmat yang Allah berikan maka akan mencintai dengan sepenuh hati.

“Tidak ada waktu satu detik pun yang ada pada manusia tanpa adanya nikmat Allah,” paparnya.

Ustaz menambahkan, salah satu cara kita mencintai Allah adalah dengan cara mengerjakan perintahNya dan meninggalkan laranganNya.

“Ucapkan Alhamdulillah kemudian lakukan segala perintahNya dengan penuh semangat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, bentuk rasa cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW adalah melalui bershalawat.

“Apabila kita mencintai Rasulullah SAW maka tunjukkan dengan cara bershalawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW,” jelasnya.

Menurutnya, masih banyak umat Islam yang cintanya hanya di mulut saja tanpa ada tindakan nyata.

Sementara itu, Kepala MAN Kotabaru H. Adi rosadi, S. Ag menambahkan, kegiatan ini sebaiknya dijadikan momentum untuk introspeksi diri.

“Sudahkah shalat kita dan bacaan shalawat kepada rasul dijaga dan diperhatikan. Ini sangat penting karena perintah shalat itu Nabi Muhammad SAW sampai melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj,” jelasnya.

Akan tetapi, sambung Adi, masih banyak yg menganggap remeh masalah shalat ini.

“Semoga kegiatan ini semakin menambah keimanan kita dan memberikan pencerahan kepada kita semua,” pungkasnya.

Penulis : Irfan Abdurrahmat
Foto : Kusyadi

Categories: Berita