Grup Habsyi MAN Kotabaru menampilkan kepiawaiannya menghibur finalis Tilawatil Qur’an Tingkat Remaja dan Dewasa dalam gelaran MTQ XXXII 2019 Provinsi Kalimantan Selatan di Panggung Utama Tempat Wisata Siring Laut Kotabaru, Kamis (07/11).

Tenaga Pendidik Bidang Seni dan Budaya Dewi Muji Astuti, S. Pd. I saat dikonfirmasi Jumat (08/11) mengatakan, grup habsyi yang terdiri dari 15 orang ini merupakan gabungan peserta didik MAN Kotabaru kelas X, XI, dan XII.

Dewi yang juga pembina grup habsyi menambahkan, grup habsyi MAN Kotabaru ini diminta untuk tampil menghibur finalis MTQ cabang Tilawatil Qur’an.

“Mereka (grup habsyi, red) ini sebelumnya Juuara 1 lomba seni budaya Islam DPD LASQI. Oleh karena itu DPD LASQI meminta langsung untuk bisa tampil malam tadi,” jelasnya.

Menurut Dewi, grup habsyi MAN Kotabaru ini menampilkan syair maulid
“Tadi malam anak-anak berhasil tampil maksimal. Alhasil penonton yang berasal dari 13 Kabupaten se-Kalsel tadi malam dibuat terpukau,” paparnya.

Saat ini, sambung Dewi, pihak MAN tengah mencoba melakukan regenerasi. Pasalnya beberapa anggota grup habsyi kelas XII tak lama lagi akan menyelesaikan masa pendidikannya.

“Harus selalu ada bibit baru untuk melanjutkan tradisi kepiawaian kita dibidang seni budaya islam ini,” pungkasnya.

Penulis : Irfan Abdurrahmat

Foto : Kusyadi

Categories: Berita