Miniatur Gua Tsur beserta laba-laba sekaligus sarangnya, gajah putih, Ka’bah, tugu ikan todak, dan miniatur mimbar untuk MTQ mengantarkan warga MAN Kotabaru juara satu dalam kegiatan Pawai Muharram 1441 Hijriah tingkat SLTA sederajat dan umum yang diselenggarakan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) se-Kabupaten Kotabaru.

Bertempat di halaman Kantor Bupati Kotabaru, piala bergilir dan uang pembinaan sebesar Rp 8 juta diserahkan kepada perwakilan MAN Kotabaru usai pelaksanaan apel pagi Senin (09/09).

Mengangkat tema “Dengan Semangat Tahun Baru Islam 1441 H Mari Kita Sukseskan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional ke XXXII Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan 2019”, 300 warga MAN Kotabaru diturunkan guna memeriahkan kegiatan ini.

Pembina Osis dan Tenaga Pendidik Seni dan Budaya MAN Kotabaru Dewi Muji Astuti, S.Pd.I saat dihubungi, Kamis (12/09) mengatakan, kemenangan ini merupakan tradisi juara yang terus dipertahankan MAN Kotabaru.

“Ini prestasi yang sangat membanggakan. Sudah semestinya madrasah meraih juara terbaik dalam kegiatan ini,” jelasnya.

Mengikuti kegiatan seperti ini, sambung Dewi, menjadi penting karena melatih dan membangun sisi kreatif dari warga MAN Kotabaru.

Selain arak-arakan miniatur mengelilingi jalanan Kotabaru, dalam kegiatan tersebut, MAN Kotabaru juga menampilkan aksi teatrikal yang menceritakan bagaimana saat Umar bin Khatab memeluk Islam. Aksi ini ditampilkan selama tiga menit di panggung pertunjukan.

Dewi mengakui hasil ini sangat setimpal dengan persiapan yang dilakukan.

“Persiapan dilakukan sejak sepekan sebelum pelaksanaan dan memakan biaya hingga Rp 5 juta,” jelasnya.

Dewi mengharapkan prestasi seperti ini bisa terus ditingkatkan.

“Dengan hasil yang diraih ini semoga menambah semangat lagi untuk memeriahkan tahun baru Islam yang akan datang dengan menghadirkan kreatifitas dan inovasi baru,” pungkasnya. 

Penulis : Irfan Abdurrahmat

Categories: Berita