Kepala Kemenag Kotabaru Drs. H. Suni, MM saat memimpin upacara bendera dalam kegiatan hari kedua Matsama peserta didik baru MAN Kotabaru, Selasa (16/07), mengatakan seluruh peserta didik baru MAN Kotabaru untuk senantiasa menjaga nama baik madrasah.

Seluruh peserta didik baru secara serentak membacakan ikrar setia janji pelajar. Adapun isi dari ikrar setia janji pelajar MAN Kotabaru adalah bertakwa kepada Allah, taat dan patuh kepada orang tua dan guru, senantiasa disiplin dalam belajar, senantiasa menjaga nama baik madrasah, serta senantiasa mentaati tata tertib MAN Kotabaru.

“Ikrar setia janji pelajar itu jangan hanya diucapkan. Janji itu harus betul-betul diaplikasikan. Terlebih lagi poin kelima yang berisi menjaga nama baik madrasah. Karena dalam islam itu yang namanya janji harus ditepati,” jelasnya. 

Seluruh siswa, sambungnya, dalam menepati janji menjaga nama baik madrasah bisa dilaksanakan dengan berperilaku baik saat berada di luar lingkungan sekolah.

“Jangan sampai nanti di jalan menggunakan seragam aliyah tapi perilakunya tidak baik. Hal ini jangan sampai menodai nama baik madrasah,” tegasnya.

Selain itu, bertempat di lapangan futsal MAN Kotabaru ia menjelaskan, kegiatan Matsama ini sebagai media pengenalan siswa.

“Matsama di MAN Kotabaru ini seperti kandungan surat Al Hujurat yang menerangkan diciptakan manusia berbangsa-bangsa untuk saling mengenal,” jelasnya.

Melalui beberapa narasumber ini, sambungnya, anak didik dikenalkan mengenai beberapa aspek.

Selain itu, ia mengingatkan seluruh peserta didik untuk terus berkarya dan berperilaku terpuji.

Ia pun mengapresiasi kepada Kepala Madrasah dalam memajukan MAN Kotabaru. 

Menurutnya banyak prestasi yang telah diraih sebelumnya agar ditingkatkan kedepannya dan dipertahankan.

Penulis : Irfan Abdurrahmat
Foto : Kusyadi

Categories: Berita