• MAN KOTABARU
  • Bersama Mewujudkan Madrasah Unggul, Berprestasi dan Berbudaya Lingkungan

MAN Kotabaru Menjadi Tuan Rumah MGMP Mapel Umum

MAN Kotabaru menjadi tuan rumah penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan kelembagaan MGMP mata pelajaran umun tingkat Madrasah Aliyah se-Kabupaten Kotabaru tahun 2019.
 
Kegiatan yang diadakan selama dua hari sejak 18 hingga 19 September ini dilaksanakan di ruang serbaguna MAN Kotabaru.
 
Sebanyak 40 peserta yang berasal dari berbagai madrasah se-Kabupaten Kotabaru turut serta menghadiri kegiatan MGMP ini.
 
Ketua Panitia Pelaksana MGMP mapel umum Abdurrahman, S. Pd saat dihubungi mengatakan, alasan diadakannya kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi serta profesionalisme guru dan tenaga kependidikan.
 
Melalui MGMP mapel umum ini, lanjutnya, diharapkan dapat memberikan layanan kependidikan melalui penguatan komunitas kerja guru-guru madrasah aliyah se-Kabupaten Kotabaru.
 
"Adapun manfaatnya kegiatan ini adalah untuk membangun sistem peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesionalisme (guru dan tenaga kependidikan) dalam menjalankan tugasnya. Sebagai ajang komunikasi dan memperkuat silaturahmi antar guru mata pelajaran umum," jelasnya.
 
Abdurrahman menambahkan, semoga kegiatan MGMP mapel umum ini dapat terus berlanjut kedepannya secara mandiri dan tetap solid untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan khususnya di Kabupaten Kotabaru dan sekitarnya. 
 
"Saya ucapkan terima kasih kepada madrasah (MAN Kotabaru selaku tuan rumah, MA Darul Ulum Kotabaru, MA Darul Ulum Lontar, dan MA Madinatul Ilmi Pulau Kerasian) yang telah mengutus tenaga pendidik untuk mengikuti kegiatan ini," paparnya.
 
Kegiatan MGMP mapel umum ini telah berjalan sejak Mei 2019 lalu yang resmi dibuka oleh Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Selatan Drs. H. Noor Fahmi, MM 23 Mei 2019 lalu.
 
Terpisah, salah satu peserta MGMP mapel umum madrasah aliyah se-Kabupaten Kotabaru, Syamsul Ma'rif dari Madrasah Aliyah Madinatul Ilmi Pulau Kerasian, mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat.
 
"Pengalaman dan ilmu baru banyak saya dapatkan dari kegiatan ini. Saya belum pernah memperoleh ilmu seperti ini," jelasnya. 
 
Ia menambahkan, selepas acara ini diharapkan bisa diterapkan kepada siswa di madrasah terutama soal berbasis HOTS.
 
Pertemuan pertama MGMP mapel umum ini dimulai 23 Mei 2019, kemudian dilanjutkan 31 Juli 2019 dan 1 Agustus 2019, kemudian ditutup dengan kegiatan pembelajaran tanggal 18 dan 19 September 2019.
 
Penulis : Irfan Abdurrahmat
 
Foto : Kusyadi
 
Editor : Muhammad Iqbal Maulana

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Tasyakuran Milad MAN Kotabaru, Anggota Osis Gelar Bakti Sosial

Dalam rangka tasyakuran Hut MA GUPPI/MAN Kotabaru ke 42, anggota OSIS MAN Kotabaru gelar bakti sosial, Jumat (18/10).   Kegiatan bakti sosial ini melalui pembagian nasi bungkus yan

18/10/2019 14:32 WIB - Muhammad Iqbal Maulana
Bulan Bahasa 2019, MAN Kotabaru Gelar Pembacaan Puisi

Dalam rangka memperingati bulan bahasa 2019, MAN Kotabaru gelar pembacaan puisi bertemakan lingkungan bertempat di taman madrasah, Sabtu (12/10). Kepala MAN Kotabaru, H. Adi Rosadi S. A

12/10/2019 19:49 WIB - Muhammad Iqbal Maulana
Pramuka MAN Kotabaru Sabet Juara di Kwartir Ranting

Peserta didik MAN Kotabaru yang tergabung dalam organisasi Pramuka meraih juara umum berbagai perlombaan dalam kegiatan kemah bersama penggalang dan penegak kwartir ranting di Pulau Seb

07/10/2019 15:31 WIB - Muhammad Iqbal Maulana
Kamad Buka Kegiatan Persami MAN Kotabaru

Kepala MAN Kotabaru H. Adi Rosadi, S. Ag secara resmi membuka kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu yang diadakan di Pantai Gedambaan Sarang Tiung, Sabtu (28/09).   Kepala MAN Kotabaru

30/09/2019 17:05 WIB - Muhammad Iqbal Maulana
Cegah Anemia, Siswi MAN Kotabaru Ikuti Pemeriksaan Dini

Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru menggelar kegiatan pemeriksaan tekanan darah dan kadar hemoglobin dalam rangka pencegahan dini bahaya anemia di gedung serbaguna MAN Kotabaru, Senin (

25/09/2019 08:03 WIB - Muhammad Iqbal Maulana