• MAN KOTABARU
  • Bersama Mewujudkan Madrasah Unggul, Berprestasi dan Berbudaya Lingkungan

Peserta Didik MAN Kotabaru Maju ke KSM Tingkat Provinsi

Empat Murid MAN Kotabaru meraih hasil maksimal di ajang Kompetisi Sains Madrasah tingkat Kabupaten dan akan melaju ke tingkat provinsi 14 Agustus mendatang.
 
Kepala MAN Kotabaru H. Adi Rosadi, S. Ag saat dihubungi, Kamis (25/07), mengatakan, siswa yang meraih juara 1 dan 2 di KSM tingkat Kabupaten Kotabaru akan diberangkatkan ke Banjarmasin untuk mengikuti KSM tingkat provinsi.
 
"Siswa kita yang berhasil ini meraih hasil maksimal di mata pelajaran Ekonomi terintegerasi dan Geografi terintegerasi," jelasnya.
 
Tak tanggung-tanggung posisi juara 1, 2, dan 3 untuk mata pelajaran Ekonomi dan Geografi diraih oleh siswa MAN Kotabaru mengalahkan MAS Darul Ulum Kotabaru.
 
Namun, sambung Kamad, untuk mata pelajaran eksakta, peserta didik MAN Kotabaru belum mendapatkan hasil maksimal.
 
"Mata pelajaran Kimia terintegerasi, Biologi terintegerasi dan Fisika terintegerasi murid kami hanya meraih peringkat 3. Namun, yang diberangkatkan ke Banjarmasin hanya juara 1 dan 2," jelasnya.
 
Ia mengatakan, merasa bangga dengan prestasi yang diraih ini. Namun prestasi KSM tahun 2019 ini, sambung Kamad tidak semaksimal tahun sebelumnya. 
 
"Kami berharap kedepannya prestasi siswa khususnya menghadapi KSM ini bisa ditingkatkan. Bagi siswa yang lulus melangkah ke tingkat provinsi jangan berbangga diri dulu. Banyak belajar, siap mental, dan melakukan pendalaman materi dengan guru mata pelajarancterkait," harapnya.
 
Terpisah, Amelia Kartika siswi kelas XI IPS 1 yang meraih juara satu mata pelajaran Geografi terintegerasi mengatakan, persiapan saat menghadapi KSM tingkat Kabupaten Kotabaru dengan cara mendalami kisi-kisi dan mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan kisi-kisi tersebut.
 
"Setelah selesai membaca kisi-kisi satu materi kemudian lanjut mengerjakan soal terkait kisi-kisi tadi. Begitu terus sambil diulang," jelasnya. 
 
Amelia menjelaskan, selain belajar giat usai libur ulangan kemarin, berdoa pun tidak ditinggalkan.
 
"Persiapan untuk tingkat provinsi ini lebih giat mendalami materi dan melakukan pemetaan sekolah mana yang lolos untuk bersaing di KSM tingkat provinsi Kalimantan Selatan ini. Akan lebih sulit di tingkat provinsi nanti," tegasnya.
 
Berbeda halnya dengan Amelia, Muhammad Dimas siswa kelas XI IPS 2 yang meraih juara pertama mata pelajaran Ekonomi terintegerasi mengatakan, persiapan yang dilakukan sempat terhambat mengingat adanya pelaksanaan ulangan akhir semester kemarin.
 
"Waktu pelaksanaan KSM tingkat Kabupaten Kotabaru kemarin, saya masih duduk di kelas X, sementara soal yang banyak keluar materi-materi kelas XI. Hal ini membuat saya banyak belajar giat dan bertanya ke kakak kelas," imbuhnya.
 
Selain itu, sambungnya, menguatkan logika juga diterapkan saat mengerjakan soal KSM kemarin.
 
"Menilai jawaban mana yang masuk akal. Apabila ragu tidak dijawab mengingat sistem minus pada pelaksanaan KSM ini. Untuk persiapan KSM tingkat provinsi, saya mendalami materi dengan bertanya ke guru mapel dan kakak kelas. Selain itu mempersiapkan mental, menjaga kesehatan, dan tidak henti berdoa," tutupnya.
 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Program Polwan Goes to School Sambangi MAN Kotabaru

Program Polwan Goes to School Polres Kabupaten Kotabaru sambangi MAN Kotabaru, Senin (19/08).   Kegiatan ini diawali dengan apel pagi di lapangan futsal MAN Kotabaru. Ber

19/08/2019 11:56 WIB - Muhammad Iqbal Maulana
Bupati Kotabaru Beri Tiga Piagam Penghargaan Kepada MAN Kotabaru

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Al Idrus, S. H berikan tiga piagam penghargaan kepada MAN Kotabaru yang diwakili Kepala MAN Kotabaru H. Adi Rosadi, S. Ag dalam gelaran upacara bendera Har

17/08/2019 12:33 WIB - Muhammad Iqbal Maulana
Peserta Didik MAN Kotabaru Siap Hadapi KSM Tingkat Provinsi

Peserta didik MAN Kotabaru menyatakan siap menghadapi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) di Banjarmasin, Kamis (15/08). "Insya Allah siap. Kemarin sudah diberikan kisi-kisi soalnya," kata&n

14/08/2019 16:43 WIB - Muhammad Iqbal Maulana
Peringati Hari Pramuka ke 58 MAN Kotabaru Helat Apel Pagi

Warga MAN Kotabaru mengadakan apel pagi dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke 58 di Lapangan Futsal, Rabu (14/08).    Kegiatan apel pagi ini diawali dengan gelaran adat Am

14/08/2019 16:39 WIB - Muhammad Iqbal Maulana
Jumrah Aqabah MAN Kotabaru Juarai Pawai Idul Adha

Jumrah Aqabah kreasi warga MAN Kotabaru dinobatkan sebagai juara satu lomba pawai malam takbiran Idul Adha 1440 Hijriah yang diadakan Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Sabtu (10/08).  

14/08/2019 16:31 WIB - Muhammad Iqbal Maulana