• MAN KOTABARU
  • Bersama Mewujudkan Madrasah Unggul, Berprestasi dan Berbudaya Lingkungan

MAN Kotabaru Menjadi Tuan Rumah KSM Tingkat Madrasah Aliyah

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2019, secara resmi digelar serentak di seluruh Indonesia, Sabtu (20/07). MAN Kotabaru ditunjuk menjadi tuan rumah gelaran KSM untuk tingkat madrasah aliyah khusus wilayah Kabupaten Kotabaru.
 
Ketua Panitia Pelaksana KSM Kabupaten Kotabaru, Dra. Hj. Siti Fatimah, MM menjelaskan, pelaksanaan KSM di laboratorium komputer MAN Kotabaru selaku tuan rumah KSM tingkat madrasah aliyah ini dikarenakan ketersediaan dan kesiapan peralatan komputernya. 
 
"KSM ini menggunakan sistem CBT (Computer Based Test) oleh karena itu pelaksananya dipilih yang siap dari ketersediaan komputernya. Selain itu juga melatih peserta untuk bisa mengoperasikan komputer," jelas wanita yang menjabat Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kotabaru ini.
 
Ia menjelaskan, kegiatan KSM ini bertujuan meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif.
 
Selain itu, sambung dia, KSM ini dapat mengembangkan bakat dan minat siswa madrasah di bidang sains.
 
"Melalui KSM ini diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spritual berdasarkan nilai-nilai agama, menumbuh kembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah, serta memberikan kesempatan siswa madrasah untuk berkreatifitas dan berprestasi," imbuhnya.
 
Kegiatan ini diikuti 179 peserta, 40 diantaranya merupakan siswa madrasah aliyah. Adapun mata pelajaran yang diujikan untuk tingkat madrasah adalah Matematika terintegerasi, Biologi terintegerasi, Fisika terintegerasi, Kimia terintegerasi, Ekonomi terintegerasi, dan Geografi terintegerasi.
 
Ia menambahkan, juara dari kegiatan KSM tingkat kabupaten ini nantinya akan diikutkan pada kegiatan KSM tingkat provinsi 15 Agustus mendatang.
 
"Harapannya ada siswa madrasah Kotabaru bisa melaju hingga ke tingkat nasional 16 September hingga 20 September 2019 di Manado mendatang," harapnya.
 
Sementara itu, Kepala MAN Kotabaru, H. Adi Rosadi, S. Ag menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan satu hari dan peserta bisa langsung melihat hasil tes KSM ini.
 
"Karena menggunakan sistem CBT ini, seluruh peserta bisa langsung melihat hasil tes KSM ini," jelasnya.
 
18 siswa MAN Kotabaru menjadi peserta KSM ini. Kepala MAN Kotabaru, H. Adi Rosadi, S. Ag mengharapkan seluruh siswa MAN Kotabaru yang mengikuti KSM ini berhasil dan bisa mewakili Kotabaru untuk melaju ke KSM tingkat provinsi hingga nasional.
 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Program Polwan Goes to School Sambangi MAN Kotabaru

Program Polwan Goes to School Polres Kabupaten Kotabaru sambangi MAN Kotabaru, Senin (19/08).   Kegiatan ini diawali dengan apel pagi di lapangan futsal MAN Kotabaru. Ber

19/08/2019 11:56 WIB - Muhammad Iqbal Maulana
Bupati Kotabaru Beri Tiga Piagam Penghargaan Kepada MAN Kotabaru

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Al Idrus, S. H berikan tiga piagam penghargaan kepada MAN Kotabaru yang diwakili Kepala MAN Kotabaru H. Adi Rosadi, S. Ag dalam gelaran upacara bendera Har

17/08/2019 12:33 WIB - Muhammad Iqbal Maulana
Peserta Didik MAN Kotabaru Siap Hadapi KSM Tingkat Provinsi

Peserta didik MAN Kotabaru menyatakan siap menghadapi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) di Banjarmasin, Kamis (15/08). "Insya Allah siap. Kemarin sudah diberikan kisi-kisi soalnya," kata&n

14/08/2019 16:43 WIB - Muhammad Iqbal Maulana
Peringati Hari Pramuka ke 58 MAN Kotabaru Helat Apel Pagi

Warga MAN Kotabaru mengadakan apel pagi dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke 58 di Lapangan Futsal, Rabu (14/08).    Kegiatan apel pagi ini diawali dengan gelaran adat Am

14/08/2019 16:39 WIB - Muhammad Iqbal Maulana
Jumrah Aqabah MAN Kotabaru Juarai Pawai Idul Adha

Jumrah Aqabah kreasi warga MAN Kotabaru dinobatkan sebagai juara satu lomba pawai malam takbiran Idul Adha 1440 Hijriah yang diadakan Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Sabtu (10/08).  

14/08/2019 16:31 WIB - Muhammad Iqbal Maulana