• MAN KOTABARU
  • Bersama Mewujudkan Madrasah Unggul, Berprestasi dan Berbudaya Lingkungan

Keluarga Besar MAN Kotabaru Lakukan Aksi Bersih Lingkungan

MAN Kotabaru selaku sekolah peraih perangkat Adiwiyata Mandiri tingkat nasional tahun 2017,  terus berupaya menjaga kebersihan sekolah melalui aksi bersih di lingkungan madrasah, Kamis (18/07).
 
Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana dan Prasarana MAN Kotabaru, Abdurrahman, S. Pd, mengatakan, aksi kegiatan bersih lingkungan ini dalam rangka pemeliharaan kebersihan sekolah.
 
"Agar sekolah menjadi rindang dan nyaman," ujar Abdurrahman selaku Pembina Ekstra Kurikuler Peduli Lingkungan Sekolah (PLKS).
 
Ia menjelaskan ada enam titik yang menjadi konsentrasi dalam kegiatan aksi bersih lingkungan ini.
 
"Titik-titik kegiatan ini di bank sampah Darul Manafi, biopori, penyimpanan pupuk kompos, tempat pembuangan sampah akhir, kebun sekolah atau green house, dan lingkungan sekolah," jelasnya.
 
Selain kegiatan aksi bersih lingkungan ini, MAN Kotabaru, sambungnya, senantiasa berbenah dan selalu mengadakan aksi penanaman pohon peneduh di lingkungan sekolah, ruang terbuka hijau, pemeliharaan kebun sekolah, dan proses pemilahan sampah lima terpilah. 
 
"Kode warna merah tempat sampah untuk sampah B3 bahan beracun berbahaya. Kuning untuk sampah organik, hijau sampah guna ulang, biru sampah daur ulang, dan abu abu untuk residu," kata pria yang merangkap sebagai pembina Adiwiyata Mandiri ini.
 
Aksi dan reaksi bersih lingkungan ini, harapnya, guna melangkah menuju Adiwiyata tingkat Asean.
 
Sementara itu, salah seorang siswa MAN Kotabaru, Rizka Hairina mengakui sangat antusias mengikuti aksi bersih lingkungan yang diadakan hari ini.
 
Menurutnya, banyak manfaat yang dapat dipetik dalam kegiatan aksi bersih lingkungan tersebut.
 
"Manfaatnya kita bisa meningkatkan kerja sama baik dengan siswa maupun ustaz ustazah MAN Kotabaru menciptakan sekolah yang nyaman karena terbebas dari sampah," jelas siswi kelas XII Agama 1 yang juga aktif di OSIS saat mendapatkan tugas membersihkan ruang osis dan lingkungan sekitarnya dalam kegiatan aksi bersih lingkungan ini.
 

Penulis : Irfan Abdurrahmat

Foto : Iball

 
 
 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Program Polwan Goes to School Sambangi MAN Kotabaru

Program Polwan Goes to School Polres Kabupaten Kotabaru sambangi MAN Kotabaru, Senin (19/08).   Kegiatan ini diawali dengan apel pagi di lapangan futsal MAN Kotabaru. Ber

19/08/2019 11:56 WIB - Muhammad Iqbal Maulana
Bupati Kotabaru Beri Tiga Piagam Penghargaan Kepada MAN Kotabaru

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Al Idrus, S. H berikan tiga piagam penghargaan kepada MAN Kotabaru yang diwakili Kepala MAN Kotabaru H. Adi Rosadi, S. Ag dalam gelaran upacara bendera Har

17/08/2019 12:33 WIB - Muhammad Iqbal Maulana
Peserta Didik MAN Kotabaru Siap Hadapi KSM Tingkat Provinsi

Peserta didik MAN Kotabaru menyatakan siap menghadapi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) di Banjarmasin, Kamis (15/08). "Insya Allah siap. Kemarin sudah diberikan kisi-kisi soalnya," kata&n

14/08/2019 16:43 WIB - Muhammad Iqbal Maulana
Peringati Hari Pramuka ke 58 MAN Kotabaru Helat Apel Pagi

Warga MAN Kotabaru mengadakan apel pagi dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke 58 di Lapangan Futsal, Rabu (14/08).    Kegiatan apel pagi ini diawali dengan gelaran adat Am

14/08/2019 16:39 WIB - Muhammad Iqbal Maulana
Jumrah Aqabah MAN Kotabaru Juarai Pawai Idul Adha

Jumrah Aqabah kreasi warga MAN Kotabaru dinobatkan sebagai juara satu lomba pawai malam takbiran Idul Adha 1440 Hijriah yang diadakan Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Sabtu (10/08).  

14/08/2019 16:31 WIB - Muhammad Iqbal Maulana