• MAN KOTABARU
  • Bersama Mewujudkan Madrasah Unggul, Berprestasi dan Berbudaya Lingkungan

Wakamad Sarana dan Prasarana Tanamkan Orientasi Kepramukaan Kepada Peserta Didik Baru

Wakil Kepala Madrasah MAN Kotabaru Bidang Sarana dan Prasarana, Abdurrahman, S. Pd dalam kegiatan Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) hari ketiga, menanamkan nilai orientasi kepramukaan kepada seluruh peserta didik baru di pendopo MAN Kotabaru, Rabu (17/07).
 
Dalam kegiatan ini, kata Abdurrahman, orientasi kepramukaan sebagai sarana melestarikan pendidikan kepramukaan di lingkungan Madrasah.
 
"Pramuka merupakan kegiatan ekstra kurikuler yang wajib diikuti oleh seluruh siswa. Manfaat lain mengikuti kegiatan orientasi kepramukaaan ini guna membentuk kepribadian siswa, selalu disiplin, jujur dan bertanggung jawab, ulet, serta peka terhadap segala sesuatu," jelasnya.
 
Selain itu, ditanamkannya nilai-nilai pramuka ini juga menjadikan siswa mampu berkomunikasi dengan baik, rela menolong, tabah, serta selalu taat beribadah.
 
"Harapan kedepannya menjadikan siswa MAN Kotabaru sebagai generasi-generasi yang agamis, memiliki wawasan dan nilai kebangsaan yang luas, setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), UUD 1945, menanamkan nilai-nilai GBHN dan Pancasila" tegasnya.
 
Sementara itu, peserta didik baru Irwan Hamid kelas X Agama 1 mengakui sangat antusias mengikuti kegiatan orientasi kepramukaan tersebut.
 
"Usai diceritakan mengenai orientasi kepramukaan saya tertarik untuk bisa aktif di organisasi pramuka agar kelak bisa mengikuti kegiatan jambore. Selain itu nilai-nilai orientasi kepramukaan ini bisa meningkatkan kejujuran, disiplin dan kesusilaan sebagaimana isi dasa darma," jelasnya. 
 
Berbeda halnya dengan Irwan, Mujianto siswa kelas X IPS 1, merasakan manfaat yang banyak usai menerima materi mengenai orientasi kepramukaan ini.
 
Menurutnya, dari materi kepramukaan tersebut, dapat menimbulkan sikap disiplin. 
 
"Kita menjadi terlatih untuk lebih peduli terhadap sesama dan lingkungan. Melahirkan rasa sosial yang tinggi. Saya tertarik untuk masuk ke ekskul pramuka," tutupnya.

Penulis : Irfan Abdurrahmat

Foto : Kusyadi

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Program Polwan Goes to School Sambangi MAN Kotabaru

Program Polwan Goes to School Polres Kabupaten Kotabaru sambangi MAN Kotabaru, Senin (19/08).   Kegiatan ini diawali dengan apel pagi di lapangan futsal MAN Kotabaru. Ber

19/08/2019 11:56 WIB - Muhammad Iqbal Maulana
Bupati Kotabaru Beri Tiga Piagam Penghargaan Kepada MAN Kotabaru

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Al Idrus, S. H berikan tiga piagam penghargaan kepada MAN Kotabaru yang diwakili Kepala MAN Kotabaru H. Adi Rosadi, S. Ag dalam gelaran upacara bendera Har

17/08/2019 12:33 WIB - Muhammad Iqbal Maulana
Peserta Didik MAN Kotabaru Siap Hadapi KSM Tingkat Provinsi

Peserta didik MAN Kotabaru menyatakan siap menghadapi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) di Banjarmasin, Kamis (15/08). "Insya Allah siap. Kemarin sudah diberikan kisi-kisi soalnya," kata&n

14/08/2019 16:43 WIB - Muhammad Iqbal Maulana
Peringati Hari Pramuka ke 58 MAN Kotabaru Helat Apel Pagi

Warga MAN Kotabaru mengadakan apel pagi dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke 58 di Lapangan Futsal, Rabu (14/08).    Kegiatan apel pagi ini diawali dengan gelaran adat Am

14/08/2019 16:39 WIB - Muhammad Iqbal Maulana
Jumrah Aqabah MAN Kotabaru Juarai Pawai Idul Adha

Jumrah Aqabah kreasi warga MAN Kotabaru dinobatkan sebagai juara satu lomba pawai malam takbiran Idul Adha 1440 Hijriah yang diadakan Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Sabtu (10/08).  

14/08/2019 16:31 WIB - Muhammad Iqbal Maulana